Rabu, 28 Desember 2016

4 KEUTAMAAN BELAJAR AL-QURAN



4 KEUTAMAAN BELAJAR AL-QURAN



Keutamaan belajar al-Quran begitu banyak. Berbagai dalil dan riwayat dari al-Quran dan as-sunnah bertebaran begitu banyaknya dengan berbagai pahala yang sangat menggiurkan bagi orang yang mengimaninya. Namun tetap saja masih ada sebagian umat Islam yang masih malas dan enggan untuk membaca dan mempelajarinya. 

Berikut akan kami sebutkan beberapa dalil dan riwayat yang menjelaskan begitu besarnya pahala dan keutamaan bagi orang yang suka belajar dan membaca al-Quran untuk memotivasi anda agar lebih semangat lagi mempelajari al-Quran. berikut diantaranya:

1.     Membaca Al Quran adalah perniagaan yang tidak pernah merugi

{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).



2.     Belajar dan mengajarkan al-Quran akan mendapat predikat manusia terbaik di sisi Allah -‘Azza wa jalla-
Sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)


3.     Membaca Al-Quran meskipun terbata-bata tetap mendapatkan pahala
عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ ».
“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

4.     Al-Quran akan menjadi syafa’at di akhirat kelak
Sabda Nabi Muhammad saw: “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim) Dan sabda beliau Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).
 
Semoga dengan mengetahui keutamaan mempelajari Al-Quran ini anda semakin semangat mempelajari al-Quran baik membacanya, mengkaji tafsirnya, mentadabburinya, menghafalnya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Baarokallahu fiik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar